Friday, 15 February 2013

ADAB MAKAN DAN MINUM

Assalammualakum w.b.t.

Di hari Jumaat yang barakah ni..Yaya nak share serba sedikit tentang adab makan dan minum yang diperoleh dari hadis-hadis sahih pada zaman Rasulullah dahulu ye..kadang-kadang kita pun terlepas pandang perkara yang kecil, dan mungkin perkara yang kita lakukan tatkala berada di meja makan mengundang rasa kurang sopan pada mata-mata yang melihat..(ewah..ayat karangan BM tuu...ngee)
Jadi, untuk menjaga adab tatasusila kita sebagai seorang ISLAM! Meh membaca sedikit untuk menmbah ilmu pengetahuan tentang adab makan dan minum ni. TAKE NOTE ye!


 Dari 'Aisyah r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda, "Apabila seorang daripada kamu hendak makan, sebutlah nama Allah (yakni: 'Bismillah' ). Jika dia terlupa menyebut nama Allah pada awal (mula makan), maka sebutlah 'Bismillahi awwalahu wa akhirahu' (Dengan nama Allah yang memulai dan yang mengakhiri). "
(Hadith Riwayat Abu Dawud dan atTirmidzi.)

Ok. Yaya ade dapat 1 cerita pada zaman Rasulullah tentang membaca Bismillah ni..agak kelakar jugak..hehe
Dari Umayyah bin Makhsyi as-Shahabi r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. (pada suatu ketika) duduk di situ ada seorang lelaki yang makan lalu tidak mengucapkan Bismillah, sehingga makanannya tidak tertinggal melainkan sesuap saja. Setelah orang itu mengangkatkan sesuatu yang tertinggal tadi di mulutnya, tiba-tiba dia mengucapkan: Bismillahi awwalahu wa akhirahu." Kemudian Nabi s.a.w. ketawa lalu bersabda: "Tidak henti-hentinya syaitan tadi makan bersama orang itu. Tetapi setelah dia ingat untuk mengucapkan nama Allah (yakni setelah membaca Bismillah), maka syaitan tadi memuntahkan seluruh makanan yang telah ada dalam perutnya. (Riwayat Abu Dawud dan nasa'i)

Membaca Basmalah sebelum makan insyaAllah boleh mengelakkan penyakit. Kerana bakteria dan racun ada membuat perjanjian dengan Allah s.w.t, apabila Basmalah dibaca maka bakteria dan racun akan musnah dari sumber makanan itu.


• Makan dan minum diniatkan untuk bertaqwa dan taat  kepada Allah berdasarkan hadits riwayat Abdullah bin Umar bin Al-Khattab RA, Rasulullah SAW bsabda maksudnya: “Sesungguhnya setiap perbuatan dilandaskan pada niat, dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkan”.

• Berusaha mencari makanan yang halal, berdasarkan firman Allah SWT yang bermaksud: “Wahai orang-orang yang beriman makanlah dari yang baik pada apa-apa yang telah kami berikan rizki kepadamu”.

• Di antara adab makan adalah membagi perutmu menjadi tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang anak Adam mengisi sesuatu yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya, dan jika dia harus mengerjakannya maka hendaklah dia membagi sepertiga untuk mkanannya, sepertiga untuk minumannya  dan sepertiga untuk nafasnya”
• Tidak dianjurkan makan yang banyak, sebab Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang mu’min makan dengan satu usus dan orang kafir makan dengan tujuh usus

• Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, berdasarkan sabda Nabi yang bermaksud: “Barangsiapa yang tidur sementara tangannya dipenuhi bau daging dan dia belum mencucinya lalu ditimpa oleh sesuatu maka janganlah dia mencela kecuali dirinya sendiri”

• Dianjurkan berwudhu’ untuk makan jika seseorang dalam keadaan junub, berdasarkan hadits: “Bahwa Rasulullah SAW apabila beliau sedang junub dan berkeinginan untuk makan atau tidur maka beliau berwudhu’ terlebih dahulu seperti wudhu’ beliau untuk shalat”

• Dari Ka’ab bin Malik dari bapaknya beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim no. 20232 dan lainnya)

• Hadis riwayat Umar bin Abu Salamah ra., ia berkata: Ketika aku dalam asuhan Rasulullah saw., pada saat makan tanganku terjulur hendak menjangkau talam lalu Rasulullah saw. bersabda kepadaku: Hai anak muda! Sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang terdekat darimu. (Shahih Muslim No.3767)

 Makruh menghembuskan nafas di dalam wadah minuman dan dianjurkan menghembuskan nafas tiga kali di luar wadah (bekas/cawan)

• Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Bahwa Rasulullah saw. biasa menarik nafas tiga kali di dalam wadah. (Shahih Muslim No.3781)

• Hadis riwayat Ibnu Abbas ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Apabila seseorang di antara kalian memakan makanan, maka janganlah ia mengusap tangannya sebelum dijilati (untuk membersihkan sisa makanan) (Shahih Muslim No.3787)

• Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
Aku pernah melihat Rasulullah saw. duduk bersimpuh sambil memakan kurma. (Shahih Muslim No.3807)

 Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukai maka beliau memakannya dan kalau tidak menyukai maka beliau tidak memakannya (tanpa mencela). (Shahih Muslim No.3844)
 Dari Ali Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri." Riwayat Muslim.

 Dari Ibnu Umar r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seseorang di antara kalian makan hendaknya ia makan dengan tangan kanan dan minum hendaknya ia minum dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya." Riwayat Muslim.

 Dari Amar Ibnu Syu'aib, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Makanlah, minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah tanpa berlebihan dan sikap sombong." Riwayat Ahmad dan Abu Dawud. Hadits mu'allaq menurut Bukhari.

 Dari Abu Dzar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila engkau memasak kuah, perbanyaklah airnya dan perhatikanlah tetanggamu." Riwayat Muslim.

 Abu Juhaifah mengatakan, bahwa dia berada di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian Rasulullah berkata kepada seseorang yang berada di dekat beliau, “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar.” (HR Bukhari)

• Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Makanan itu tidak boleh disantap kecuali jika asap makanan yang panas sudah hilang.” (Dalam Irwa’ul Ghalil no. 1978 Syaikh al-Albani mengatakan shahih diriwayatkan oleh Imam Baihaqi,)

• Apabila seseorang diundang untuk menghadiri suatu walimah maka janganlah kehadirannya tersebut diniatkan untuk sekadar makan saja.

• Dianjurkan mengecilkan suapan dan mengunyah dengan baik.

Dan sebagian orang mengelompokkan beberapa prilaku dan sikap yang buruk terhadap makanan:
1. Al-Mutasyawif, yaitu orang yang merasakan lapar sebelum makanan dihidangkan, engkau tidak melihat orang seperti ini kecuali dirinya memperhatikan pintu sambil mengawasi setiap barang yang masuk, jangan-jangan dia adalah makanan.

2. Al-Rasyaaf, Yaitu orang yang sedang mengunyah suatu makanan pada mulutnya sampai menelannya habis, lalu suara saat menelan terdengar dihadapan teman-teman, semenatara dirinya asyik menikmati makanan. 

3. Al-Naffadh, yaitu orang yang mengunyah suatu makanan pada mulutnya sambil tangannya mengibas makanan.

4. Al-Qossam, yaitu orang yang makan sebagian suapan lalu  sebagian lainnya dikembalikan pada makanan.

5. Al-Murannikh, Yaitu orang yang mencelupkan makanan pada sayuran, di mana dia tidak menelan makanan yang pertama sampai suapan yang kedua menjadi lembut.

6. Al-Murasysyisy, yaitu orang yang mengambil daging ayam, sementara dia tidak berpengalaman padanya, akhirnya menjiprati teman-temanya.

7. Al-Shabbag, yaitu orang yang memindahkan makanan dari suatu tempat ke tempat lain untuk mendinginkannya.

8. Al-Munsyif, yaitu orang yang membersihkan tangannya dengan roti lalu dia memakan roti tersebut.

9. Al-Naffakh, yaitu orang yang meniup makanan.

10. Al-Muhandis, yaitu orang yang berkata kepada orang yang membuat makanan: letakkan ini di sini, ini di sini sehingga terkumpul di hadapannya apa-apa yang disukainya, didefinisikan juga dengan orang yang menggigit ujung makanan dengan giginya lalu mencampurnya dengan lauk
                                               
11. Al-Khardaban, Yaitu orang yang menarik rotinya terlebih dahulu karena khawatir akan diambil oleh orang lain, dia meletakkannya di sebelah kirinya sementara tangan kanannya lahap meraih makanan lain.

12. Al-Mu’allaq, yaitu orang yang masih menggenggam makanan pada tangannya sebelum mengunyah habis makanan yang di mulutnya dan matanya melirik-lirik pada makanan yang lain


Imam Ahmad rahihullah berkata: Apabila saat makan seseorang bisa mengumpulkan empat adab makan, maka dia telah sempurna: Apabila menyebut nama Allah pada awalnya, memuji Allah pada akhir makannya, ikut bersamanya tangan yang banyak dan makanan tersebut dari hal yang halal.
Semoga bermanfaat dan perbaiki diri dalam adab makan dan minum seharian kita..
Sekian,Wassalam =)

36 comments:

  1. Allahuakbar.
    terima kasih yaya sebab share something yg sgt bermanfat utk kita semua. tak dinafikan adakala kita terlepas pandang hal2 mcm ni. insyaALLAH kita sama2 cuba perbaiki diri.

    ReplyDelete
  2. ermm adab makan dan minum ni, ade yang kadang kadang kak juju men langgar je (malu ..malu..malu) ..thnks yaya for sharing ..

    ReplyDelete
  3. alhmadulilah,info yg bermanfaat..cikeyra pun kekadang tlupa baca bsmilah,dh pertengahan baru teringat..Insya Allah boleh amalkan nanti...

    ReplyDelete
  4. selalu je terlupa, kdg2 tiup makanan atau minuman yg panas. bila ingat baru cepat2 stop. tq berkongsi ilmu yaya. :)

    ReplyDelete
  5. makasih cik yaya..... diatas tips yang diberikan...

    *poyo je ayat deqja.. lalala ^^V

    ReplyDelete
  6. "...dimulakan dgn bismillah., disudahi dgn alhamdulilah., begitulah sehari dalm hidup kita mudah-mudahan diberkati allah..." ehh., aku nyanyi nasyid la.., :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah..hehe..xpe..sekali sekala nynyi =D

      Delete
  7. Nice entry :)
    Semoga kita dapat perbaiki diri untuk masa akan datang :) Salam Jumaat :)

    ReplyDelete
  8. kita selalu terlupa.. moga dengan ingatan ini akan membuatkan kita mengetahui adab ... Islam sangat indah nak makanpun kena ada adabnya..

    ReplyDelete
  9. bagus perkongsian hari jumaat ni
    dr tak tau, jadi tau.
    tq sangat sangat

    ReplyDelete
  10. Info yang menarik yaya..Teruskan usaha ini :)

    ReplyDelete
  11. thnkz sharing benda ni... kdg2 terlupa jgk... hehe

    ReplyDelete
  12. nice sharing <3 stuju sgt2. ^^

    ReplyDelete
  13. memang sepatutnyerlah adab2 cmni kita terapkan kpd anak2 sejak awal usia lagi, perkongsian yg hebat yaya...tksih...

    ReplyDelete
  14. thnks yaya sudi share..
    dapat la jugak anna tambahkan
    ilmu di dada..

    ReplyDelete
  15. salam syg cik yaya :)

    perkongsian entry yg bermanfaat dan ada ganjaran pahala jika ada org mengamalkan kesan dari lepas baca entry cik yaya nih...:)

    ReplyDelete
  16. noted.. arigatou for sharing this info ^^

    ReplyDelete
  17. cik yaya cantik

    ReplyDelete

Popular Posts

BLOGLIST SEPTEMBER 2016